if only you are not an indonesian ...

Sunday, September 25, 2016

SHORT GETAWAY : something new from BLITAR

 beberapa waktu ini saya rajin menulis review tempat wisata di situs tripadvisor. sebaliknya saya juga mengandalkan tripadvisor untuk informasi wisata. karena ada undangan halal bihalal di blitar, pergi kesana hanya berdua saja, buka dulu tripadvisor. 

kalau judulnya museum, jujur saja saya sudah underestimate dulu. males banget dengan penataan museum di indonesia ini. atau perpustakaan. sama sama membosankan meskipun saya kutubuku. jadi ketika di tripadvisor menyebutkan museum bung karno di blitar, saya kasih tahu ke anak untuk tidak terlalu berharap. 

ternyataaaaaa ... pariwisata indonesia bangkit itu tidak hanya di yogya yang memang sudah dikenal kelas dunia. yogya bukan hanya malioboro yang jalan lagi kahirnya ke borobudur yang notabene magelang alias jawa tengah. 

blitar juga berusaha mempercantik diri. awalnya saya hanya melihat foto foto teman di blitar yang hampir setiap minggu jalan jalan ke sudut sudut kota blitar. karena waktu berkunjung yang singkat, saya menghibur anak dengan pergi ke museum bung karno.
ada tahun tahun  dimana saya melewati museum dan makam bung karno ini dua kali sehari. setiap berangkat dan pulang sekolah. saya tidak pernah suka melihat apa yang ada didalamnya. dulu kan hanya ada makam proklamator saja. tetapi sekarang disebelah makan dibangun museum berisi memorabilia. buat saya juga tidak menarik. kemudain disisi lain ada gapura dengan tulisan perpustakaan nasional.

naaah, mulai menarik. ternyata buku buku koleksinya menarik. media cetak yang ada disana seperti majalah, tabloid, dan koran pun tersedia edisi terbaru 6 bulan terakhir.

khusus koleksi anak anak dibuatkan gedung terpisah yang berkarpet dan ditata ceria sesuai karakter anak anak. berpendingin udara juga. selain hotspot dan charging station. lengkap bukan? karena halal bihalal akan membosakan untuk anak anak, saya tinggalkan dia disana. saya titipkan satpam dan ternyata beliau juga baik hati. benar benar memperhatikan anak saya selama dia sendirian disana. 

karena buku bukunya banyak dan bagus bagus, tentu saja 4 - 5 jam disana tidak cukup. lainkali harus beberapa hari. sampai jumpa lagi, blitar ...  

No comments:

Post a Comment