if only you are not an indonesian ...

Tuesday, April 23, 2019

Kashmir : Mughal Gardens in Srinagar

 Shalimar Bagh is a Mughal garden in Srinagar, linked through a channel to the northeast of Dal Lake, on its right bank located on the outskirts of Srinagar city in Jammu and Kashmir, India. Its other names are Shalimar Garden, Shalimar Bagh, Farah Baksh, and Faiz Baksh, and the other famous shoreline garden in the vicinity is Nishat Bagh. The Bagh was built by Mughal Emperor Jahangir for his wife Nur Jahan, in 1619. The Bagh is considered the high point of Mughal horticulture. It is now a public park. It is also called the "Crown of Srinagar".[1][2
 
 kisah cinta di India tidak hanya berupa makam luar biasa Taj Mahal, tetapi banyak juga tanda cinta berupa taman taman yang indah. sepertinya para raja masa itu adalah pria pria romantis. salahsatu yang kami kunjungi adalah shalimar bagh ini. letaknya agak di luar kota Srinagar. sayangnya begitu sampai sini hujan deras. padahal tamannya terbuka. ditambah lagi kebelet. ketemu toilet ada airnya tapi bau dan kotor luar biasa. huek.
 mungkin satu hari nanti saya kembali ke sini di musim semi supaya bisa melihat keindahannya.
meskipun hujan, kami bukanlah satu satunya pengunjung di sini. ada beberapa lainnya. selain menikmati taman, pengunjung bisa menyewa baju tradisional di sini dan berfoto a la ratu raja jaman dulu. 

setelah makan siang di depan taman, kami melanjutkan perjalanan. sebenarnya ada taman lagi nishat garden yang berada di ketinggian. tentu pemandangannya lebih indah tetapi kami sudah lelah jadi tidak mau lagi masuk ke nishat garden ini. langsung ke taman bertingkat diatas bukit saja. 

untuk sampai di sini, jalanan mendaki cukup tinggi. melewati seperti hutan kota, diberhentikan oleh tentara India dulu untuk pemeriksaan, dan taman ini pun dijaga dengan ketat oleh tentara India. 
 
 sampai di sini, hujan sudah reda, meski masih becek becek di beberapa tempat. langitnya kelabu jadi sulit dapat foto yang bagus. tetapi kami tidak menyesal melepas taman taman lain dan hanya berkeliling di sini saja. tempatnya indah sekali. pasti lebih indah waktu musim semi. lebih banyak bunga bunga.
 bunga bunga di sini terlihat lebih hidup dan warnanya lebih tajam. hanya sedikit bunga bunga di sini setelah musim panas tiba. taman taman bertingkat yang luas ini terlihat terawat dengan baik dan bersih. 
 Pari Mahal , also known as The Palace of Fairies, is a seven-terraced garden located at the top of Zabarwan mountain range, overlooking the city of Srinagar and the south-west of Dal Lake in the state of Jammu and Kashmir, India. It is an example of Islamic architecture and patronage of art during the reign of the then Mughal Emperor Shah Jahan

The Pari Mahal, or Palace of Fairies,[1] was built as a library and residence for the Mughal prince Dara Shikoh in the mid-1600s.[2] Dara Shikoh was said to have lived in this area in the years 1640, 1645, and 1654. It was further used as an observatory, useful for teaching astrology and astronomy.[3] The gardens have since become the property of the Government of Jammu and Kashmir.[4]
The Pari Mahal has also been used as a top-secret interrogation centre and as a base for high-level bureaucrats.[1]
https://en.wikipedia.org/wiki/Pari_Mahal
 
 bagian becek dari taman yang luas ini.
 bunga ini seperti dahlia tetapi kelopaknya lebih rumit dan bertumpuk tumpuk. warnanya ada yang putih dan ungu.
 dal lake dan kota srinagar bisa terlihat dari atas sini di sisi sebelah kanan.
 dulu pernah menjadi tempat tinggal putra raja shah jahan. kemudian di waktu waktu berikutnya dijadikan observatorium. tempat yang cocok untuk mengajar astronomi. tentu melihat ke langit bebas di sini.
 tidak terlihat banyak bunga bunga atau pohon pohon mengingat ini adalah taman. tetapi pemandangan dari atas sini indah sekali meski langitnya kelabu.
 

 

No comments:

Post a Comment