if only you are not an indonesian ...

Wednesday, February 27, 2019

INCREDIBLE INDIA June 2018 : CITY PALACE OF JAIPUR

setelah punya tiket pergi pulang ke Jaipur via Kuala Lumpur, mulailah saya mencari tahu apa saja yang bisa dilakukan atau dilihat di Jaipur. di mana letak Jaipur, menginap di mana, ke mana saja, bisa makan apa saja, naik apa selama di sana, dan sebagainya. sebab yang saya tahu tentang India hanyalah Taj Mahal dari novel. kisah cinta yang sangat mengesankan.
kalau menyukai sejarah, di Jaipur banyak sekali historical sites dalam kondisi terawat dan dua diantaranya adalah UNESCO world heritage yaitu Amber Fort dan Jantar Mantar. berdasarkan bacaan, kami menyisihkan Amber Fort dalam  kunjungan hari berikutnya. selain lokasinya lebih dekat dengan hotel, area benteng super luas dan tiketnya mahal. jadi sayang kalau hanya memiliki waktu sebentar. 


setelah melihat Jal Mahal mengambang di danau dari kejauhan, kami menuju ke kota. tujuan kami adalah melihat Albert Hall Museum, Patrika Gate, Jantar Mantar, Hawa Mahal, dan City Palace. selain melanjutkan urusan dengan singtel soal koneksi komunikasi da internet yang tidak kunjung ada. 
beberapa obyek wisata di Jaipur ini bisa dimasuki dengan membeli tiket composite yang bisa dibeli sebelumnya di loket di salahsatu obyek wisata. beberapa obyek wisata menawarkan kunjungan di malam hari juga. seperti Amber Fort akan terlihat lebih indah di malam hari. begitu juga dengan Hawa Mahal. 
 CITY PALACE

adalah kompleks kerajaan yang dibangun pada tahun 1729 - 1732. dari keadaannya sekarang, sagat jelas terlihat bahwa keluarga kerajaan Jaipur ini pada masanya sangat makmur. city palace terdiri dari chandra mahal dan mubarak mahal. dan beberapa bangunan lain yang masih didiami oleh keluarga kerajaan. ada satu bangunan seperti gudang besar sekali, di belakang chandra mahal ini, ternyata adalah tempat digelarnya beraneka suvenir khas Jaipur. saya tidak bertanya dan tidak membeli apa apa jadi tidak bisa memberitahu apa apa soal harganya. dari yang terlihat hanyalah kualitas barangnya tampak lebih bagus dibanding yang ada di luar city palace. 
 
 arsitektur city palace ini adalah campuran gaya Rajput dan Mughal. saya tidak tahu apa apa soal arsitektur tapi menurut saya meski disebut campuran, hasil akhirnya sangat cantik dan dengan detail yang rumit. terutama di langit langit maharani palace yang sekarang menajdi museum beraneka macam senjata. di museum senjata ini tidak diizinkan mengambil foto, sama seperti di mubarak mahal yang berisi beraneka jenis tekstil dan motif yang digunakan oleh para anggota keluarga kerajaan.
 cantik kan?
 lemari ukir ini ada di depan maharani palace dalam kondisi dikunci. saya teratrik dengan ukirannya yang rumit. seperti kita, Indonesia, juga memiliki seni ukir. atau tiongkok. sekilas sulit dibedakan jenis ukiran yang dimiliki ketiga negara tersebut.
 di halaman bagian dalam yang bisa dimasuki dari 4 pintu berbeda ini, semuanya berhiaskan burung merak yang dilukiskan berbeda beda mewakili 4 musim berbeda dan dipersembahkan untuk 4 dewa berbeda juga. sayang sekali karena sudah lelah berpanasan, saya tidak terpikir untuk mengambil foto dalam jarak lebih dekat untuk memperlihatkan detail pintunya.

 peacock gate menjelang sore.
 didalam kompleks city palace ini juga ada cafe yang menurut saya super nyaman dan artistik sekali. sepertinya asyik sekali setelah lelah kepanasan berkeliling, kemudian santai dulu di dalam cafe yang cantik dan sejuk ini.  secara harga cukup mahal untuk ukuran saya. jadi hanya memesan es teh dan air mineral hahahah ...
namanya cafe baradari. selain dari dalam city palace, baradari cafe ini juga melayani take away kue kue saja dari gerbang depan. 



 ratusan burung dara ini ada di halaman belakang setelah keluar dari city palace di mana rental taxi kami menunggu. saya sulit menggambarkan bagaimana rasanya berkeliling dengan rental taxi ini selain satu kata : menjengkelkan. well, apa boleh buat, saya kepanasan keliling keliling. dengan rental taxi kami lebih nyaman menikmati Jaipur.
 bagian dalam cafe baradari. terlihat lebih gelap sementara di luar terang benderang dan super panas. ada beberapa tamu di sini. sebagian besar berpakain rapi dan kelihatan mahal. tidak seperti kami.
 kalau malam atau sore hari, pasti nyaman sekali duduk duduk di sini. bagian luar cafe. sayangnya kami bukan tipe pelancong yang masih ada di luar setelah hari menjadi gelap. sudah kelelahan. hanya kamar hotel yang sejuk dan kasur empuk yang kami butuhkan.
 artistik sekali cara mereka meletakkan pot ini bukan? tanamannya sih biasa. semacam sirih sirihan. potnya juga biasa. tetapi diletakkan di ceruk dinding batu ini menjadikannya cantik secara keseluruhan.
 pojok artistik lagi. lihat caranya meletakkan lampu dan pot pot yang senada sama bulatnya.
 saat kami datang, pancuran ini dinyalakan. kolamnya berisi banyak ikan hias. sesekali ada burung yang ikut minum di kolam. jauh berbeda dengan suasana di luar.
 pintu depan cafe yang mengundang.
 jangan lupa mampir ke sini dan siapkan uang lebih supaya bisa mencicipi kue kuenya juga. bukan hanya air mineral dan es teh seperti kami heheheh



saya lupa apa nama gerbang ini. city palace ini ada di bagian kota tua Jaipur yang memiliki 8 gerbang. ada 2 gerbang yang ditujukan hanya untuk keluar masuk para anggota kerajaan. sekarang ini kita bisa masuk ke city palace melalui gerbang tripolia. 


selain city palace, didekatnya ada Hawa Mahal yang dibangun pada tahun 1799 oleh Maha Prataph Singh. bentuk bangunan ini seperti sarang lebah madu yang sebenarnya adalah jendela jendela kecil. ditujukan kepada wanita anggota keluarga kerajaan untuk bisa melihat dan ikut menikmati perayaan yang ada di luar dibawah tanpa terlihat dari sisi lainnya. bisa melihat tanpa terlihat. 
Hawa Mahal atau palace of the winds ini juga terbuka untuk umum dengan membayar tiket INR 200 untuk orang asing. lebih murah dengan tiket composite. tetapi harus seksama dalam hal pengaturan waktunya. karena kami tidak masuk ke Hawa Mahal, kami menikmati pemandangan dari cafe yang ada di seberangnya. nasib buruk saat kami berada di cafe, listrik padam. jadi panas luar biasaaaaaaaa .... 
oh ya. kota tua Jaipur ini terdiri dari 9 blok dan 2 blok diantaranya berdiri city palace dan bangunan bangunan pemerintahan lainnya. kalau berkunjung ke sini lagi dimusim yang lebih bersahabat, akan menyenangkan sekali kalau self guide walking tour. atau ikut cycling tour. 
seluruh blok kota dicat warna pink sebagai bentuk penyambutan kunjungan Prince of Wales pada tahun 1876. sekarang ini ada sekitar 6 juta penduduk di Jaipur dan merupakan kota terbesar sekaligus ibu kota Rajasthan state. 




1 comment:

  1. permisi min numpang share ya :)
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen judi terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete