if only you are not an indonesian ...

Wednesday, February 27, 2019

INCREDIBLE INDIA June 2018 : melihat wajah Jaipur di museum



ALBERT HALL MUSEUM JAIPUR
 

karena udara di luar panas sekali, kami memutuskan untuk mengunjungi museum dulu. sebab berbahaya juga berada di luar dengan suhu diatas 40 derajat celcius tanpa perlindungan. meski museum tidak ada pendingin udara, tetapi ada kipas besar di mana mana. sedikir mengurangi sesak udara. bagian bagian museum yang terbuka ditutup  dengan dinding anyaman kawat termasuk langit langit. supaya tidak ada burung dara yang masuk dan buang air sembarangan. tetapi bulu bulu halus ratusan burung dara sulit dicegah. jadi jangan lupa pakai topi dan masker supaya tidak terkena penyakit akibat pup burung dara kering dan bulu bulu halusnya yang beterbangan.














gambar gambar diatas menceritakan apa saja yang dilakukan setipa bulannya oleh penduduk Jaipur. mulai januari sampai desember. 

selain berkisah, gambar gambar di albert hall ini juga seperti puisi. sayang sekali karena tidak tahan panas, rasa ingin tahun saya kalah. kami segera keluar mencari tempat lebih sejuk. sebab meski banyak kipas dan sirkulasi cukup baik di dalam museum, pengunjung waktu itu sangat ramai. di mana mana di India memang ramai karena memang jumlah penduduk yang besar. 

selain gambar dan lukisan, yang dipamerkan di sana ada juga benda benda antik seperti guci dan peralatan rumah tangga, perhiasan, juga patung patung yang menunjukkan beraneka posisi yoga. saya jadi ingat bahwa di sini, Jaipur, India, adalah dari mana yoga berasal. banyak orang datang ke sini khusus untuk belajar yoga. 


 foto paling ikonik yang menggambarkan albert hall museum adalah dari arah depan. di mana ada ratusan burung dara beterbangan. burung burung ini seperti dipelihara oleh kota. disediakan makan dan minum yang lebih dari cukup. 

 PATRIKA GATE

dalam perjalanan ke airport, kita bisa mampir ke patrika gate, bisa dianggap sebagai gerbang ke sembilan seperti halnya ada sembilan blok di kota tua Jaipur. 
gerbang patrika ini super duper cantik dengan detail lukisan yang rumit, cantik, berwarna warni, dan penuh makna. gerbang ini menuju Jawahar Circle Garden. taman melingkar terbesar di asia dengan traffic light. 


Patrika gate gives you a sneak peek into the vibrant culture of Rajasthan as each pillar is dedicated to some or the other part of the state. Hand paintings of temples, forts, palaces, portraits of Jaipur rulers, blue pottery, jewelry, photographs of Amer, Hawa Mahal, City Palace, Jal Mahal are found here to give a glimpse of the entire history of Jaipur. There were some nostalgic & proud examples of scenes depicting weddings, wars and daily lives of people showcasing the way they earned their livelihood, all artistically portrayed in lively colors.

 What will definitely catch your attention are the classic windows which have been put in to give the gate a more authentic look. But other than showing the history of our city, this gate also has illustrations of the new age architectural wonders of Jaipur like World Trade Park and Amar Jawan Jyoti to name a few.  The motifs which have been painted all over the gate speak volumes of the meticulous work done by local artisans.

 The area opposite the gate has also been landscaped to give an old fashioned look. The huge circular garden is surrounding a fountain which offers a musical light show every Sunday from 7 p.m. The park is well equipped with benches and a jogging track, and if you like a less crowded park over a crowded one, choose this.

There is also a children’s park to enjoy various swings followed by everyone’s favourite – Chowpati  The food here is definitely a huge incentive to plan an outing in the evening. There is a total of 7 Shree Nath pav bhaji wala (we counted) and around 5 pandit pav bhaji stalls. There are stalls selling baraf ka gola and kulfi to beat the heat and yes it works. Bombay sandwich and bhelpuri is a must-have if you are a street food junkie because the whole concept of Chowpati comes from Mumbai anyway ! The best part about this chowpati as compared to others in the city is the ample space to sit and eat .



 

 
 

1 comment:

  1. permisi min numpang share ya :)
    Hayyy guys...
    sedang bosan di rumah tanpa ada yang bisa di kerjakan
    dari pada bosan hanya duduk sambil nonton tv sebaiknya segera bergabung dengan kami
    di DEWAPK agen judi terpercaya di add ya pin bb kami D87604A1 di tunggu lo ^_^

    ReplyDelete