if only you are not an indonesian ...

Thursday, January 7, 2016

BORDER CROSSING Desember 2015: Johor Bahru

ada apa di Johor Bahru? umumnya yang terlintas pertama kali adalah legoland theme park. yang menjadi impian anak anak pecinta lego. tetapi sebenarnya johor bahru punya sejarah juga. karena adanya kesultanan johor. jadi banyak gedung indah dan masjid yang cantik. untuk yang suka belanja juga ada JPO alias johor premium outlet.berhubung tidak begitu suka belanja jadi g tertarik juga kesana. ada angry bird park dan hello kitty. skip deh. main ke legoland aja. 


MASJID SULTAN ABU BAKAR Johor Bahru 25 Desember 2015
 setelah merasa cukup istirahat, mandi, makan, rapat hebat bin heboh, diputuskan pagi ( jam 10 00 juga siiiih ... ) ke masjid sultan abu bakar. berdasarkan peta sih jaraknya tidak jauh dan kelihatannya tidak ada macet macet juga. tetapi paginya pun sudah sangat terik. jadi jangan lupa pakai sunscreen, sunglasses, topi, dan lain lain demi kesehatan dan kecantikan. 
si papa sudah pasang applikasi my teksi dan uber. kemudian untuk pertama kalinya dicoba pakai uber. uhuy ... dalam sekejap datang sedan bagus dan drivernya ramah juga. kami langsung menuju masjid sultan. charging uber ini dimasukkan kedalam tagihan kartu kredit. trip ini menghabiskan myr 7 sekitar 24 ribuan kali ya.
ternyata masjid ini sedang dalam renovasi. sehingga ruangan yang digunakan tertutup. untuk sementara jamaah dipindahkan ke bangunan yang lain, dalam kompleks yang sama. katanya, awalnya ini adalah rumah alias istana sultan johor sebelum menjadi masjid. kemudian sang sultan membuat istana lagi sedikit di pinggir kota tetapi masih di pinggir selat.
 kompleks masjid ini cukup luas. sayangnya saya kurang perhatian. ada bangunan apa saja disekitar masjid ini.
 karena kompleks nya yang luas, cukup jauh juga jalan kaki menuju masjid. yang tidak tertahankan bukan jalan kakinya. tetapi panas teriknya itu lho. padahal bisa dibilang masih pagi. jadiiii jangan lupa bawa banyak banyak air minum.
 jalan dan tangga menuju masjid terlihat dari tempat parkir mobil.
 lihat mataharinya yang terik ...
setelah dari masjid, kami menuju JB city square. dekat dengan JB sentral. dekat dengan hotel. kali ini mencoba aplikasi my teksi. terpercaya juga. tetapi sayangnya armada my teksi jelek jelek. taxinya berwarna merah. meski panas, mereka sering mematikan AC. dari masjid sultan ke city square ini menghabiskan myr 13. untuk my teksi pembayaran secara tunai. 
di city square ini sebenarnya gabungan beberapa pusat perbelanjaan. niatnya kami mau menyiapkan logistik terutama air minum, menukarkan uang, dan makan siang. ada beberapa tempat makan juga. selewat sih banyak sekali cemilan cemilan yang menggoda iman. nyicip satu pie duren. enak juga apalagi kalau belum kegencet didalam tas. pasti lebih enak lagi :p ada juga yang jualan beraneka buah potong. bisa jadi salad buah atau rujak buah. boleh memilih dan menyusun sendiri kombinasi buahnya. ini juga cemilan sehat segar dan sangat penting dalam cuaca panas perjalanan panjang ini. 
tetapi anakku seperti anak anak lainnya, lebih memilih makan di KFC dong :( dan saya makan di warteg sebelahnya. selain menu a la warteg melayu, mereka punya nasi ayam. yang dibeli malam sebelumnya sama si papa dan dimakan untuk sarapan kami ber2. singkat cerita sih, kalau sudah sampai di JB sentral atau city square, makanan beraneka rupa. beberapa terlihat juga suvenir. karena baru hari kedua, saya blass g tertarik beli suvenir. males juga nambahin berat koper. bikin jalan terhuyung huyung saja.   
karena hari itu hari jumat, setelah drama tentang kita sholat jumat dimana, akhirnya siang kami balik lagi ke masjid ini. sebab ternyata, tidak semua masjid di johor bahru mengadakan sholat jumat. jadi nyariiiiiiiiiiis saja tidak bisa sholat jumat. 
dengan taksi lagi kami mengejar sholat jumat di masjid sultan. pas sampai, khotibnya membaca doa. kemudian beberapa detik kemudian iqomah. jelas saja anakku dan si papa langsung lari tunggang langgang mencari tempat sholat. karena renovasi tadi, sebagian ada yang sholat diatapi tenda. alhamdulillah ... bisa sholat jumat. semoga Allah menerima amal ibadah kami. 

 karena sebelum ke masjid kami sudah check out dari tropical inn, setelah sholat jumat kami menuju hotel legoland. letaknya bisa dibilang in the middle of nowhere. jadi kalau boleh kasih saran, sebaiknya menginap di hotel legoland sekalian. atau nyari hotel ditengah kota saja kalau tujuannya ke johor bahru tidak hanya legoland. kemudian jangan lupa install aplikasi uber dan atau my teksi. terutama kalau membawa anak anak. sebab transportasi umumnya kurang lengkap. 

LEGOLAND HOTEL 25 Desember 2015 


 sekitar 20 menitan didalam taksi, dari kejauhan terlihat tulisan legoland di dinding bukit. sedikit warna warni hotel dan theme parknya. jelas saja mata anakku langsung berbinar binar dan menciumi pipiku berulang ulang. luar biasa bahagia akhirnya sampai ke tempat liburan yang diinginkan. tentu saja tidak gratis, sudah kerja keras menghasilkan nilai nilai yang bagus, perilaku yang baik dan sopan baik dirumah maupun di sekolah, memenangkan lomba dokter kecil, juga tidak lupa mengaji.
kami belum bisa check in. sebab jam check in di hotel ini adalah jam 16 00 sementara kami sampai baru sekitar jam 14 45. tetapi begitu masuk lobinya, tidak penting lagi kapan bisa masuk kamar. sebab bertebaran lego di lobinya. desainnya benar benar ditujukan untuk menyenangkan anak anak. di beberapa tempat disediakan sofa dan tempat duduk untuk orang dewasa baik orangtua atau nanny menunggui anak anak. setelah melapor ke reception, kami menitipkan koper koper dan mendapatkan kartu seperti di foto. mereka sengaja menyiapkan luggage room yang tertata rapi dan luas. 
lego berkostum concierge atau bellboy ini menyambut setiap tamu didepan hotel sebelum masuk lobby.

 salahsatu sudut lobby hotel legoland. berbentuk seperti kapal. didalam ada mainan dan banyak potongan lego. selain itu ada toko suvenir yang menggiurkan sekali. tetapi disepakati hanya boleh membeli satu mainan saja. kami memesan kamar hotel ini via traveloka. pada saat itu, dibandingkan dengan agoda atau booking dotcom, harganya paling murah, meskipun tidak murah, hotelnya adalah hotel paling mahal yang pernah kami tempati selain trans luxury hotel di bandung. tetapi karena desain dan servicenya, hotel legoland tetap jauh lebih baik meski harganya hampir sama dengan hotel trans. mungkin karena hotel legoland benar benar didesain untuk anak anak. untuk liburan. untuk bermain. 
sedangkan tiket masuk ke legoland theme park dapet murah di travelicous.co.id beli 1 gratis 1. jadi anakku bisa main dua kali. sekali dengan si papa. sekali dengan si mama. sayangnya tidak bisa mulai dari pagi sampai tutup. jadi 2x pun nampaknya belum benar benar puas. masih banyak yang ingin dimainkan lagi. karena peak season, antrian cukup panjang. rata rata 30 menit. 

No comments:

Post a Comment