if only you are not an indonesian ...

Saturday, January 9, 2016

BORDER CROSSING Desember 2015 : MENUJU MELAKA

 setelah lelah bermain di legoland, setelah 2 malam mengunjungi sedikit bagian kota Johor Bahru, kami melanjutkan perjalanan menuju melaka. world heritage city. dari legoland hotel, kami naik taxi ke terminal larkin. biayanya myr 15. hanya makan waktu tidak lebih dari 20 menit saja. terminal larkin luas, cukup bersih dan teratur. platform bus berderet deret mudah ditemukan. bus menuju melaka, kira kira 3 jam perjalanan dari johor, biayanya myr 18 dan dipesan online via www.easybook.com atau www.busonlinetickets.com
entah masalahnya dimana, ternyata bus delima yang kami pesan tidak punya jam keberangkatan jam 17 00 seperti pilihan kami. tetapi pihak bus bertanggungjawab dengan membelikan kami tiket bus lain yang bernagkat jam 17.30 waktu setempat tentunya. karena kami belum sholat ashar, kami menuju mas an nur yang letaknya di lantai 2 terminal ini.
 keberuntungan yang lain dari perjalanan ini adalah bus penggantinya justru lebih bagus. namanya bus KKKL ekspress. kursinya 2 - 1. tempat duduknya lega dan empuk. ada footrest dan sandarannya bisa disesuaikan. ber AC juga sayangnya wifi nya g jelas. karena kami kelelahan, tidak lama setelah bus jalan dengan kecepatan yang nyaman, terlelap deh zzz zzz ...
nah, ini tampilan tiketnya. harap diingat, kalau membeli go show, pastikan membeli di loket supaya tidak kena bujukan calo. atau membeli online seperti saya. karena perjalanannya peak season, takut kehabisan, jadi beli 2 hari sebelumnya. 

Masjid An Nur, Larkin Terminal, Johor Bahru 26 Desember 2015

 begitu sampai dilantai atas dimana masjid ini berada, saya berdiri di pintu ruangan ini. setelah bengong bengong, saya menyadari kalau didalam ruangan itu isinya laki laki semua. beberapa yang akan masuk ke ruangan, memandangi saya yang memegangi koper. langsung deh kerasa kalau saya pasti berada di tempat yang salah. waktu itu sudah menjelang adzan ashar. saya pindah ke sudut yang lain sambil mencari cari dimana tempat sholat untuk perempuan. ternyata ya tidak jauh. pintunya persis diatasnya eskalator. kami putuskan si papa dan anak dulu yang sholat berjamaah sementara saya menjaga koper diluar. 
nah ini juga lucu jadinya. ternyata sebenarnya saya bisa ikut sholat berjamaah diruang sholat perempuan. kopernya bisa dibawa masuk. ada sedikit tempat sebelum ruang wudlu untuk meletakkan koper. berikutnya di masjid masjid yang lain, saya selalu memberanikan diri untuk bertanya atau mengintip dulu. dimana letak ruang wudlu, sholat, atau meletakkan barang barang bawaan.
 lurus ditengah difoto adalah letak ruangan sholat laki laki. sedangkan disebelah kanan adalah ruangan sholat untuk perempuan. menarik sekali di masjid ini banyak sekali pengumuman terutama untuk perempuan. rupanya begitulah cara mereka menjaga masjid. dengan menegakkan adab ke masjid.

 ini adalah ruang sholat untuk perempuan. tidak bisa membuat foto yang lebih jelas untuk menghargai privacy yang ada didalam ruangan.
 salahsatu pengumuman untuk perempuan yang akan sholat di masjid ini. belakangan, nanti, saya tahu masjid masjid lain pun menerapkan aturan yang kurang lebih sama.
 lama lama juga paham kok, maksudnya apa, meskipun bahasanya sedikit berbeda :D
 pengumuman yang ini ditempel ditempat wudlu perempuan. biasanya, belakangan saya juga baru tahu, mereka memisahkan antara toilet dan tempat wudlu cukup jauh. untuk memastikan tempat wudlu nya suci dari najis tentunya. jadi kalau mau bak misalnya, ke toilet dulu, baru ke tempat wudlu. baru ke ruang sholat.
 ini pengumuman yang sangat penting. menjaga kebersihan karpet didalam masjid. disini, karpet masjid sering berbau tidak sedap. sebab setelah wudlu, kaki masih basah, langsung menginjak karpet atau sajadah, akibatnya jadi lembab dan bauuuuuu uhuks :(
sebenarnya secara berpakaian, orang orang disana dan disini tidak jauh berbeda. banyak juga disana yang berpakaian sexy. entah itu rok mini, jins ketat, atau hotpants. cara mereka berhijab juga hampir sama. tetapi yang ditekankan, saat ke masjid, ada adab yang harus dijaga. berpakaian yang sesuai dan menjaga kesucian masjid supaya ibadah bisa khusyu. 
 

No comments:

Post a Comment