if only you are not an indonesian ...

Saturday, January 16, 2016

BORDER CROSSING Desember 2015 : Petrosains Kuala Lumpur

akhirnya sampai ke petrosains. setelah capek jalan dan tidak tahu mau kemana lagi. petrosains ini semacam taman pintar di jogja. meskipun semacam, tetapi jauh lebih bagus petrosains. saya rekomendasikan untuk liburan anak anak. banyak sekali yang bisa dimainkan dan dijelaskan secara ilmiah.

 selain permainan yang dilakukan sendiri, ada semacam demonstrasi juga untuk pengunjung. hari itu ditunjukkan apakah polimer dan penggunaannya sehari hari. materinya disampaikan dengan cara yang menarik. saya perhatikan ekspresi pengunjung tampak antusias.
 petrosains ini ada di salahsatu menara petronas. tiketnya bisa dibilang mahal. saya lupa persisnya, tetapi kira kira untuk 1 dewasa dan 1 anak, totalnya myr 48 alias 170ribu rupiah. si papa g mau ikut masuk. serem dengan harga tiketnya. dan dikira mirip mirip dengan taman pintar itu. weleh weleh ... itu namanya ngece. 
rupanya meski dari lantai itu dan tampak depannya tidak luas, itu penampilan menipu. jadi kami masuknya saja antri. karena ternyata awalnya kami naik mobil mobilan yang jalan di rel. sepanjang jalan itu gelap gulita. dark room. tetapi dinding dinding di kiri kanan kami bercerita. melalui suara dan cahaya. mengisahkan terjadinya bumi dan bagian bagian bumi secara umum. kemudian lapisan lapisan bumi. perkembangan ilmu pengetahuan dan pemanfaatan ilmu untuk kehidupan sehari hari. jadi menyesal deh, kenapa si papa g ikut masuk. sebab tentang kimia dan fisika kan saya g bisa memberi penjelasan. sebab tidak semua permainan ada guide nya. ada keterangan dalam bahasa melayu dan inggris sih. hanya saja masih kurang.
 roulette ini menjelaskan proses bertumbuhnya biji sampai menjadi pohon. lampunya menyala, menunjukkan step tumbuh, karena ada semacam engkol yang harus diputar dibagian bawah.
 kaget saya tiba tiba ada diorama gunung berapi lengkap dengan aliran laharnya. jadi agak agak seram gimana gitu. oh ya. naik mobil atau kereta diatas rel itu tidak lama. tidak sampai 10 menit. rupanya maksudnya memberi pengantar saja. selain gunung berapi ada juga patung dinosaurus yang menyambut turunnya kami dari mobil rel itu.
 ini satu yang menarik perhatian. mengukur kekuatan pukulan karate. dicoba 3x tapi tangan nyut nyutan juga setelahnya.
 ini platform seolah olah anjungan minyak lepas pantai. saya yang tidak paham sains pun senang sekali berada disini. mencoba beraneka "permainan" ilmiah. sayangnya waktunya terbatas. kami sudah kehabisan waktu untuk jamak qashar sholat dluhur dan ashar. tapi si papa sudah sms bahwa sudah menemukan surau yang terdekat.
 sebagian dinding dihiasi dengan quotes semacam ini. benar sekali apa kata pak eric anderson ini kan? 

http://www.petrosains.com.my/discovery-centre/
sebelum kesana, ada baiknya baca baca dulu websitenya. saya dulu kurang informasi. jadinya menyesal. harusnya masuk kesini mulai buka sampai tutup. sebab kalau lapar atau perlu ke toilet, didalam sini juga ada. ada petanya dimana kita bisa keluar ke toilet atau menunggu anak anak bermain di cafe.
dengan berat hati dan ngambeknya anakku, terpaksa keluar deh dari petrosains. 

No comments:

Post a Comment