if only you are not an indonesian ...

Friday, May 27, 2016

BIRTHDAY TRIP MAY 2016 : DON MUEANG international airport

 ternyata sudah ada makanan halal di don mueang. dan ini pertamakalinya me darat di don mueang. sekian tahun yang lalu di svarnabhumi. dibanding svarnabhumi ya terlihat lebih sederhana. dibagi hanya 2 terminal 1 dan 2 saja. makanan halal ada di terminal 2. padahal saya mendarat dan terbang dari terminal 1 terus. wkekekek. 

airport ini cukup jauh dari pusat kota. dari khao san road dimana hotelku berada. karena perjalanan dari rumah mulai jam 06.00 yang artinya jam 04.30 sudah bangun siap siap dan berangkat, padahal nyampe di bangkok itu sudah jam 18.00 kira kira. badan udah pegel semua. 
sementara si papa membereskan soal simcard lokal, saya cari makan malam sekedarnya dulu buat anak. kalau telat makan bisa bahaya. petualangan baru dimulai. harus sehat supaya bisa menikmati liburan.

liburan ini diniatkan menghindari peak season yang berarti segala macam benda menjadi mahal. muai tiket pesawat sampai hotel. kebetulan ada liburan sekolah untuk kelas 1 sampai 5 karena kakak kelas 6 sedang ujian nasional yang menyeramkan itu. 3 bulan sebelumnya tiap hari browsing dan nyatetin semua informasi sampai akhirnya memilih ke bangkok dan siem reap. 

4 malam di bangkok dan 3 malam di siem reap. bangkok kotanya lebih besar dan lebih banyak yang bisa dilihat. jadi lebih lama. sedangkan antara bangkok ke siem reap, awalnya mau naik bus saja yang katanya bus kerja sama pemerintah thailand dan cambodia. tetapi kelihatannya mengkhawatirkan untuk menyeberang perbatasan via darat di poipet. setelah mata capek bin jereng nyari info soal bus dan scam, eh si papa baik hati sekali karena memutuskan naik pesawat sajaaaa ... horeee ...

karena tanggalnya tepat pas si mama ini ulangtahun, jadi deh birthday trip namanya wkwkwk. teman teman komen : enak meeeen, ulangtahunnya diajak ke luar negeri. g tahu aja dia gimana caraya keluar negeri. musti tahan banting. g boleh kecentilan. pake nyuci segala. pengiritan bagasi. saya juga kali ini tiap sebentar share foto jalan jalan di facebook. hihihi ... abis pemandangannya bagus. sayang kalau g dibagi dengan teman teman.
 foto diatas hasil si papa keliling keliling. berhubung sudah bukan bayi atau balita, ngeliat area bermain kaya gini sudah tidak terpesona lagi. ada juga keliling sendiri. ngeliatin belt bagasi yang muter sendiri. ngeliatin proses check in. dan mengamati semua peralatan yang ada di area tunggu bandara. nanyain semua prosedur dan larangan.
g enaknya, trip kali ini, banyak juga sholat kami di jama' sebab kaya foto diatas, udah ikut keramaian jalan kota bangkok. karena badan sudah lengket semua, ngantuk, capek, lapar, akhirnya difokusin bagaimana caranya sampai di hotel dengan selamat. terbayang bayang shower hangat, daster nyaman, kasur empuk dan AC yang sejuk. sueerrr ... bangkok itu panas tenan. rata rata suhu berkisar 34 - 36 deeajat celcius. jadi pakailah pakain yang nyaman menyerap keringat. banyak banyak minum air putih. bawa botol kosong. again. meskipun tidak semudah di singapore dimana mana ada tap water, di bangkok juga ada tap water. 
tips jalan jalan di bangkok dan sekitarnya
1. pakai pakaian yang nyaman menyerap keringat bahkan mungkin longgat
2. bawa botol kosong sebab ada beberapa tempat menyediakan tap water jadi bisa berhemat. misalnya di masjid masjid, di temple, di dekat pasar chatuchak. minumlah banyak air supaya tidak dehidrasi.
3. pakai topi dan sunglasses biat g nyengir nyengir silau
4. kalau mau bawa sapu tangan yang bahannya dari handuk. kalau panas banget bisa dibasahin air es buat membasuh badan atau wajah.
5. khusus buat mbak mbak tante budhe teteh, bawa lotion atau aloe vera gel enak banget. setelah seharian panas panasan, wajah dibersihkan, kasih aloe vera gel. sebelumnya simpan di kulkas hotel di kamar. biar liburan, wajah tetap sehat.
6. enaknya di bangkok, banyaaak banget yang jualan jus buah atau malah buah segar yang sudah dikupas dipotong. ada lagi es krim kelapa yang lezat itu. a must eat. tiap bentar saya beli jus atau buah potong. slurrpp ...
 

No comments:

Post a Comment