if only you are not an indonesian ...

Friday, February 23, 2018

Playing Adventurous




setelah kenyang sarapan, perjalanan dilanjutkan kearah kaliurang yang sejuk. tetapi tidak begitu sejuk lagi sebab padatnya pengunjung waktu itu. pelan pelan pemandangan gunung merapi tertutup awan. saya akan mencoba lava tour. 

lava tour ini tur melewati daerah daerah yang pernah terkenal letusan gunung merapi. beberapa rumah yang tersisa dijadikan museum. dengan kendaraan 4 wheels drive lama, akan diajak berkeliing skeitar 2 jam perjalanan. termasuk jeepnya berputar putar di sungai dangkal. jadi sebaiknya siap siap basah basah. satu jeep dengan perjalanan 2 jam, bisa ditumpangi oleh 4 orang dewasa, biayanya 300 ribu rupiah. yang agak menyeramkan adalah tidak ada safety belt atau safety gear apapun didalam jeep ini. jadi siapkan tangan yang kuat untuk berpegangan.

mengingat tidak ada safety gear, saya tidak menyarankan anak anak dibawah 12 tahun untuk ikut tour ini. dan karena perlu berpegangan dengan kuat, amankan dahulu benda benda berharga. kacamata, handphone, tas tangan, dan lain lain. tutup rapat dan simpan diantara kaki.
 

ini adalah museum sisa hartaku. beberapa puing puing rumah setelah letusan merapi, benda benda dan bangkai binatang ternak dipajang disini. pengingat yang kuat bahwa kekuatan alam tidak bisa dikalahkan oleh manusia. 
 sedih rasanya melihat puing puing ini. tetapi sisi baiknya, kerja sama dan kreatifitas warga, menjadikan musibah menjadi berkah. puing puing dijadikan museum, jeep yang digunakan untuk berkeliling, dan beberapa tempat lain yang menarik untuk dikunjungi. secara umum, wisata jogja dikelola dengan baik oleh warga.

 sisa sisa motor dan sepeda ...
 
perhentian berikutnya adalah melihat batu besar yang seperti jatuh dari langit. batu sebesar kamar yang seolah olah siap menggelinding dari posisinya. difoto adalah jalur lahar merapi. pada saat tenang seperti ini, banyak truk penambang pasir dibawah sana.
 
karena cuaca yang panas dan berdebu, jika ingin mencoba merapi lava tour, kenakan pakaian yang nyaman, sebaiknya yang tidak mudah ditiup angin, kenakan topi yang bisa diikat atau pastikan tidak mudah terbang, kacamata hitam, dan masker. jangan lupa minum air putih yang banyak. oh ya, kalau peka dengan sinar matahari, jangan lupa oleskan sunblock lebih dahulu.
 
menurut saya ini pemandangan yang mengkhawatirkan. lihat, ada truk yang menambang pasir. sementara diatas, dikiri kanannya, ada batu batu besar yang sepertinya siap menggelinding. bisa saja menimpa truk atau penambang pasirnya. sungguh cara mencari nafkah yang sangat berat.
 
bunker ini adalah tempat perlindungan dan persembunyian yang sudah ada sejak jaman belanda. pada saat letusan hebat merapi tahun 2010, bunker initerkubur material setinggi 4 meter sehingga membutuhkan usaha yang luar biasa untuk menemukannya. 
meski dibangun untuk perlindungan, tetapi bunker ini tidak berfungsi sebab ada relawan yang meninggal saat letusan tahun 2006. kondisi bunker tidak memadai lagi. hanya terdiri satu ruangan dan satu toilet. setelah dirapikan, bunker ini dijadikan obyek wisata. pemandangan di sekitar bunker sangat indah terutama saat cuaca cerah.

 

 
 

No comments:

Post a Comment