if only you are not an indonesian ...

Friday, February 23, 2018

Jejak Gunung Api Purba di Nglanggeran

 perjalanan kearah daerah istimewa yogyakarta bagian selatan menyajikan pemandangan indah. mungkin karena saya sehari hari tinggal di kota yang tepat didepan rumah adalah jalur lintas angkutan barang. suara mesin 24 jam memenuhi telinga. tidak ada hentinya. kadang kadang ditambah dengan suara sirine baik sirine ambulans atau sirine pengawalan. 



bersamaan dengan program sekolah, menuju desa wisata nglanggeran di pathuk, gunungkidul. desa wisata ini mendapat penghargaan desa wisata terbaik yang dikelola oleh warga sendiri.

prestasi yang mengagumkan mengingat kira kira 30 tahun lalu, gunungkidul dikenal daerah miskin yang tandus. bahkan saya pernah membaca, frekuensi warga yang bunuh diri cukup tinggi. mayoritas sebabnya adalah karena kesulitan ekonomi. 

beberapa warga memilih meminggalkan gunungkidul. mengadu nasig didaerah daerah lain. sampai akhirnya gunungkidul menemukan kekuatannya sendiri, memberdayakan potensinya sendiri, dan sekarang menjadi daerah yang terkenal dan banyak dikunjungi terutama di hari libur. 

baru sekarang saya memahami, mengapa strategi perang sun tzu menyuruh kita mengenali diri sendiri sebelum mengalahkan musuh. jelas gunungkidul sudah mengenali potensi dirinya sekarang. kemudian mampu mengalahkan kemiskinan yang dulu mendera.  

gunung nglanggeran adalah satu gunung api purba yang terbentuk puluhan juta tahun yang lalu yang memiliki umur tersier. memiliki ketinggian 700 meter diatas permukaan laut. 

nama nglanggeran berasal dari kata nglanggar atau melawan. konon menurut legenda, warga desa mengdakan satu acara yang mengundang dalang. tetapi kecerobohan warga desa justru merusak acara di desa tersebut dan oleh dalang yang murka, warga desa dikutuk menjadi wayang dan dibuang ke gunung ini. 

gunung nglanggeran ini bisa didaki dalam waktu kira kira 2 jam. bisa untuk menikmati matahari tenggelam atau matahari terbit. jika memilih menikmati matahar terbit, berangkatlah dini hari dan kenakan pakaian hangat.  
 di desa ini kemudian dibangun embung nglanggeran yang merupakan tempat penampungan air. telaga buatan untuk menampung air hujan. digunakan saat musim kemarau untuk menghidupi pertanian disekitar.
 embung nglanggeran terletak di bukit gandu. diresmikan sebagai obyek wisata tahun 2013 karena lokasinya berada di gunung api purba dan pemandangan indah disekitarnya.

air dari embung yang digunakan untuk menghidupi pertanian dan kebun buah disekitar embung. pemandangan dari embung sangat indah terutama di sore hari. 

No comments:

Post a Comment