if only you are not an indonesian ...

Friday, February 23, 2018

Pantai Ngrenehan Pantai Yang Tersembunyi


 daerah istimewa yogyakarta memiliki garis pantai selatan yang panjang. sepertinya setiap beberapa waktu, dibuka wisata pantai yang baru. sebenarnya menghadap laut selatan yang sama. yang terkenal ombaknya besar dan tidak cocok untuk bermain.

berbekal google maps dan informasi dari yogyes.com, pantai ngrenehan ini termasuk yang masih sepi, ombaknya lebih ramah sehingga cukup aman untuk anak anak bermain air, merupakan pelabuhan kecil, sehingga kita bisa menikmati ikan tangkapan nelayan disana. kedengarannya menarik sehingga kami penuh semangat menuju kesana.






 jalan menuju pantai ini searah dengan pantai panbtai lain di kabupaten gunungkidul. jalannya relatif mudah dilalui dengan kendaraan roda empat dan dua sekalipun. waktu itu tidak banyak pengunjung. sehingga semakin mendekati pantai, makin rapat pepohonan, saya mulau khawatir. tidak lama kemudian baru me,ihat beberapa rumah penduduk dan beberapa orang sedang beraktifitas di sawah atau di kebun.

 nah, perahu perahu nelayan seperti ini yang banyak disana. tetapi nampaknya waktu itu bukan musim ikan. angin sedang kencang. dan sudah memasuki musim hujan. mungkin itu juga sebabnya tidak banyak pengunjung yang datang. lihat saja langitnya gelap. jadi tidak ada sunset cantik yang kami harapkan.

 pantai ngrenehan ini seperti teluk. dikiri kanannya ada semacam bukit karang sehingga mengurangi keganasan ombak dari laut lepas. begitu juga dengan angin. pasirnya berwarna cerah dan tidak banyak sampah disana. anak anak bisa bermain dengan cukup aman disini. sebab garis pantainya pendek, orangtua lebih mudah mengawasi juga.




 ada banyak ikan seperti ini disana. saya membeli beberapa yang sudah matang. dibumbui dan dibalut tepung kemudian digoreng kering jadi seperti kerupuk. rasanya enak. selain ikan ini, ada udang ukuran sedang yang diolah dengan cara yang sama.
 bisa juga memilih sendiri ikan segar kemudian minta tolong dimasak sesuai selera. saya coba memilih cumi cumi dan minta digoreng tepung saja supaya lebih mudah dikemas. kalau masakan berkuah, beresiko tumpah di perjalanan.




 tampaknya pantai ini sepi hanya pada waktu tertentu saja. sebab fasilitas disini lengkap. ada penginapan, rumah makan, kamar mandi umum, dan masjid. jumlah kamar mandinya juga cukup banyak. seandainya langitnya cerah, tentu pemandangan disini lebih cantik.
 

No comments:

Post a Comment