if only you are not an indonesian ...

Saturday, February 9, 2019

Museum RA Kartini Rembang

 sebelum pulang, sambil browsing di aplikasi tripadvisor, kami menemukan museum RA KARTINI ini ternyata sangat dekat dengan fave hotel tempat kami menginap. sayang kalau dilewatkan bukan. pagi pagi setelah sarapan langsung menuju museum. belum banyak pengunjungnya tetapi semakin siang semakin banyak yang datang.
 dari kunjungan ini jadi tahu bahwa museum RA Kartini ada di 2 tempat yaitu Jepara dan Rembang. yang terletak di jepara menceritakan kehidupan RA Kartini sebelum menikah. sedangkan yang terletak di Rembang menyimpan jejak jejak kehidupan beliau setelah menjadi istri Bupati Rembang. 
karena beliau meninggal dalam usia yang masih muda, saat melahirkan putra pertama dan satu satunya, tentunya tidak banyak rekaman sejarahnya di sini. hanya dalam rentang waktu mulai setelah menikah dan melahirkan saja. karena itu satu hari saya ingin ke Jepara untuk mengunjungi museum yang pertama.
 sepertinya museum ini menjadi bagian dari kompleks kantor pemerintahan kabupaten Rembang. ditata rapi meskipun kurang artistik. dan bisa dibilang cukup terawat. mungkin ada baiknya tiket masuknya dinaikkan sedikit supaya terlihat lebih cerah dan terang.
 kamar mandi dengan bak mandi berkaki. letaknya tidak di dalam kamar seperti rumah rumah jaman sekarang. terpisah beberapa ruang.
 mungkin ini yang disebut courtyard atau halaman tengah. memberi jalan untuk udara dan cahaya masuk ke dalam rumah besar. di sini juga ada teras yang lapang yang menjadi tempat display kain kain batik dan kebaya kebaya yang menjadi gaya khas RA Kartini.
 sulit menangkap gambar yang jelas di sini sebab cahay yang masuk sedikit. jadi teras lembab. sepertinya segala sesuatunya masih sama seperti dulu.
 rak kaca untuk display foto foto kenangan RA Kartini baik dengan teman maupun keluarga. ada juga catatan catatan.
 saya lupa ini foto beliau dengan siapa. sepertinya dengan kakaknya. raut wajah beliau memang terlihat cantik dan lembut hati ya. seperti tersirat dalam kalimat kalimat didalam surat suratnya.

No comments:

Post a Comment