if only you are not an indonesian ...

Sunday, October 16, 2016

BIRTHDAY TRIP May 2016 : moslems in siem reap

 setelah membereskan soal administrasi hotel, melihat lihat kamar, membersihkan diri dan istirahat, dicheck di google map, hotel bayon shadow villa ini dekat dengan masjid, dekat dengan night market, dan tentunya makanan halal. meskipun lokasinya didalam gang kecil, disebelah SD negeri tampaknya, tetapi sangat strategis. ada toko toko yang menyediakan kebutuhan sehari hari dan automatic laundry.
 seperti kebiasaan kalau mendapatkan kesempatan berkunjung ke kota kota lain, kami menyempatkan diri untuk mengunjungi masjid. kalau bahasa saya, namanya masjid an nikmah. tetapi ejaan disana an neakmah. begitu memasuki halaman masjid yang tanahnya debu merah, kami disambut pandangan bertanya tanya dari beberapa orang yang ada disana. pandangan bersahabat. seorang anak kecil menunjuk nunjuk keatas sambil berusaha menarik perhatian saya. saya jadi paham, dia berusaha menunjukkan tempat sholat untuk jamaah perempuan ada di lantai atas. 
rupanya disini, di siem reap ini, perempuan tidak pergi sholat jamaah di masjid. jadi saya hanya sendirian. tapi saya tidak mau balik jalan ke hotel sendirian. meskipun mereka melihat saya aneh, saya ikut jamaah di lantai mezzanine masjid tersebut.
 lantai mezzanine ini kelihatannya jarang digunakan meski sebenarnya memiliki fasilitas lengkap. ada mukena dan sajadah di lemari kaca, ada tempat wudlu terpisah, ada air minum, tetapi tempatnya sangat kotor. saking saya tidak suka membawa sajadah sendiri, saya pilih sajadah paling bersih yang bisa saya temukan disana. 
dari kegelapan lantai mezzanine saya lihat lantai bawah yang digunakan jamaah laki laki terlihat lebih bersih dan bersinar.  makin dekat dengan iqomah, jamaah makin berdatangan. setelahnya saya perhatikan anak dan suami mendapatkan banyak teman baru. berjabat tangan dan tampak banyak yang berusaha mengajak bicara. 
hari jumat berikutnya, sholat jumat juga di masjid ini. diantara jadwal kami keliling kota. bedanya kali itu, saya menunggu disalahsatu restoran halal yang paling populer disana.
 lihat kan, banyak juga jamaah di masjid ini. mungkin karena mereka minoritas disini dan nampaknya ini satu satunya masjid di siem reap. jadi masjid ini menjadi tempat silaturahmi sesama muslim disana. 
disekitar masjid ini ada beberapa restoran halal. yang paling enak yang berada diseberang masjid. yang bagian mukanya ada banyak tanaman dalam pot pot gantung dan ada kipas angin yang menyemburkan udara lebih sejuk. 
oh ya. siem reap nyaris sama panasnya dengan bangkok atau ayutthaya. malah di siem reap lebih berdebu. jadi, jangan lupa topi, kacamata hitam dan masker selama disana.
tangga disamping masjid itu adalah tangga menuju lantai mezzanin masjid yang digunakan untuk jamaah perempuan. 
alhamdulillaaaah ... terima kasih ya Allah, sudah mengizinkan kami untuk mengunjungi salahsatu rumahMU lagi dibagian bumi yang lain. 

No comments:

Post a Comment