if only you are not an indonesian ...

Sunday, November 11, 2018

Pantai Ngandong Pantai Ramah Anak

 salahsatu dari puluhan pantai di sepanjang laut selatan pulau jawa bagian gunungkidul adalah pantai ngandong ini. saya mendapatkan koordinatnya setelah browsing dengan keyword : pantai ramah anak. sebab anakku suka sekali main air di pantai. sedangkan saya tidak suka menjadi basah dan kotor kena pasir pantai yang susah dibersihkan. 

perjalanan menuju ke pantai ini berliku liku. mengandalkan GPS saja tidak cukup. sempat satu dua kali bertanya kepada siapa saja yang ditemui dalam perjalanan. terutama setelah perjalanan mencapai perbukitan kapurnya. setelah nampak hutan jati dan bukit yang berbatu batu.
 dan ini salahsatu pantai yang enak dikunjungi sebab jalan menuju ke sana tidak terlalu naik turun berliku liku, tempat parkir mobil tidak jauh dari pantai, pantainya landai dan berpasir terang dan masih lembut untuk diinjak tanpa alas kaki, ombaknya tidak terllau besar, dan saat surut kita bisa jalan agak jauh menuju laut berbatas karang. 
 saat surut, ini yang terlihat di air jernih. beberapa ikan kecil kecil entah apa namanya. sayangnya selain ikan dan karang dan tumbuha laut, ada banyak sampah!!! menjengkelkan melihat bekas wadah pasta gigi, shampoo saset, dan bungkus sabun mengambang di air laut. mungkin sabunnya membunuh binatang binatang dan tumbuhan laut. mungkin sampahnya ditelan penyu. mungkin merusak sumber kehidupan di laut.
 saat kami di sana, banyak sekali pengunjung beraktifitas di sana. ada yang main perahu, foto foto, gathering kantor, piknik keluarga, camping, dan mayoritas adalah anak anak muda. saya jadi curiga mereka yang camping ini yang meninggalkan sampah semacam shampoo dan sabun. masa' penduduk sekitar tidak paham pentingnya tidak membuang apapun ke laut?

 menjelang matahari terbenam yang terlihat cantik di pantai ini, air laut masih surut, dan batu batu karang ini masih terlihat dan cantik sebagai pijakan foto. beberapa saat kemudian mulai pasang. sepertinya waktu itu yang cocok untuk berenang atau snorkeling sebab air sudah cukup dalam.
naik apa ke sini? saya sarankan untuk rental mobil saja sehingga bisa menjelajahi daerah gunungkidul. sebab di dekat dekat pantai ini juga ada beberapa pantai lain. sayang dilewatkan kaau sudah sampai di daerah sini.by the way, menurut tripadvisor, pantai ngandong ini adalah pilihan ke-9 dari 45 tujuan wisata di gunungkidul. 


https://www.tripadvisor.com/Attraction_Review-g2304083-d7393529-Reviews-Ngandong_Beach-Gunung_Kidul_Java.html


No comments:

Post a Comment